Laman

Jumat, 24 Oktober 2014

UJIAN KOQ GITU !!

Oleh : Moch. Djuni - Sabtu, 25 Oktober 2014

Dua hari yang lalu, saya bertemu dengan 2 anak kelas VI SD beda sekolah yang baru selesai UTS (Ujian Tengah Semester). Kedua anak tersebut saling bercerita tentang ujian yang baru saja selesai. Salah seorang diantara mereka bercerita bahwa soal ujiannya (Matematika) disuruh bawa pulang oleh gurunya untuk dikerjakan dirumah. Dia juga bercerita bahwa ketika mengerjakan di sekolah, hampir semua siswa saling mencontek.

Mendengar cerita temannya tersebut, sontak si anak yang satunya kaget :
"Lho koq bisa begitu?, enak kamu bisa mengerjakan soal ujian di rumah !" katanya 

Saya yang ikut kaget dan heran mendengar obrolan kedua anak tersebut, akhirnya saya ikut nimbrung bertanya :
"Koq ujian boleh dibawa pulang, tujuannya apa?
"Iya pak .... kata Bu guru biar nilainya bagus-bagus semua .. !! jawabnya enteng
"Ooo ....... !!"

Pikiran saya langsung menerawang jauh ke era tahun 80-an (jaman saya sekolah dulu). Saat itu yang namanya ujian ... ya ujian. Wong namanya saja ujian. Jadi sangat dikedepankan nilai-nilai kejujuran. Jangankan dikerjakan di rumah, ketahuan nyontek atau bawa kerpek'an saja bisa dikeluarkan dari ruang ujian. Mungkin anda yang sekolah di era itu, merasakan hal semacam itu. Lho koq sekarang bisa berubah 180 derajat  begini ya ?

Akhirnya timbul berbagai pertanyaan :

  • Mau dikemanakan nilai-nilai kejujuran ?
  • Bagaimana tanggungjawab pendidik terhadap hal semacam ini ?
  • Salah satu akibat dari hal seacam ini, apa siswa nggak semakin malas belajar ?
  • ...................

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya ....
Yang mau, boleh bantu jawab ... trims !

4 komentar:

  1. tidak hanya contekan.... tapi sudah memakai kunci jawaban yang dibeli secara kolektif..... sang guru tau... pengawas tau... tapi dibiarkan aja tuchhhhh... dan bertahun-tahun lagi.... ancurrrrrrrrr.................... inikah hasil sertifikasi??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iya gan, koq jadi gini ya .... apa nggak tambah runyam negeri ini !!

      Hapus
  2. Ada cerita yang membuat miris...... saat ujian nasional SMA berlangsung.... seorang wali murid jadi heran... pada saat malam menjelang ujian nasional... siswa peserta ujian tidak tidur di rumah masing-masing... tapi tidur secara berkelompok di rumah siswa yang mempunyai jaringan internet di rumahnya. Sang wali murid berfikir.. mungkin mereka akan belajar kelompok secara online mencari prediksi soal-soal yang keluar.... namun yang terjadi malam itu mereka sangat santai sekali... tidak ada aktivitas belajar, mereka asik bergurau, bermain gitar, tak ada kecemasan sama sekali seperti halnya siswa yang akan menghadapi ujian. Sekitar pukul 10 malam mereka semua tidur.. tak lupa mereka berpesan kepada sang pemilik rumah untuk dibangunkan pukul 03.00 pagi. Sang wali murid berpikir ternyata anak-anak sudah mulai belajar pentingnya sholat malam, berdoa pada saat akan menghadapi ujian dan belajar di pagi hari...... Wali murid ini berpikir juga... syukur alhamdulillah anak-anak sudah diajarkan istighosah di sekolah dan sekarang mereka sudah mulai akan menjalankan sholat-sholat sunnah malam hari. Pukul 03.00 pagi tepat anak-anak dibangunkan.... ehhhhhh... wali murid semakin heran dibuatnya... mereka tidak segera mengambil air wudhu untuk sholat atau mengambil buku untuk belajar..... mereka sibuk membuka laptop..... dan diliat... mereka langsung membuka google dan email. Wali murid ini bertanya lho dik kok nggak belajar atau sholattt????? mereka serempak menjawab nggakk kita lagi buka kiriman jawaban untuk ujian esok hari.... kan kami sudah beli Rp. 30.000.000 yang dibayar patungan semua siswa kelas XII..... wow wow wow amazingggg.... wali murid ini terkejuttt..... kok bisaaaaaaa.......... lebih terkejut lagi saat ditanya "apa kamu nggak takut ketauan gurumu atau pengawas ujian?" si siswa menjawab..."uda tau semua kok, dan gak apa-apa, gak ada lagi yang perlu disembunyikan" wow wow wow wow ting tengggggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul ...betul gan, saya tahu persis cerita semacam itu. Hebatnya ... semua yang terkait dunia pendidikan , udah tahu semua yang begini ini dan bukan rahasia lagi. Jadi ...kayaknya kita2 udah nggak perlu heran lagi, kalau udah besar 'n jadi pejabat, mudah aja mereka melakukan kecurangan2 termasuk korupsi, wong pendidikannya saja model gini ... ampun .. !!
      Tuh ... bukti terbaru tahun 2013 kemarin di Kab. Lamongan -- kasusnya sampai ditangani POLDA Jatim , apa nggak parah tu ...

      Hapus